Skip to main content

follow us

Cara Tracking Telkom 4 (Trans TV, Trans 7, ANTV)

Cara Tracking Telkom 4 (Trans TV, Trans 7, ANTV)  - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial bagaimana cara mencari Trans TV, Trans 7 dan Antv yang hilang. Kenapa pada hilang? Karena Transmedia dan Antv telah mengakhiri siarannya yang mengudara di satelit Telkom 3s dan memindahkan siaran/frekuensinya ke satelit Telkom Merah Putih.

Nah, satelit Telkom 4 (merah putih) ini mengorbit pada 108.0 BT (bujur timur) sedangkan Telkom 3s ada di 118.0 BT (bujur timur). Oleh karena itu siaran trans tv dan lain lainnya jadi hilang.

Untuk mendapatkan kembali siarannya kit harus melakukan perubahan antena parabola atau yang lebih sering di sebut Tracking.

Rata-rata pengguna parabola ini menggunakan 2 lnb untuk mendapatkan siaran televisi. Yang mana 1 lnb untuk Palapa D dan 1 Telkom.

Nah untuk mendapatkan semua siaran televisi lokal Indonesia. Kita harus tracking Palapa D dan Telkom 4. Berikut adalah tutorial bagaimana cara tracking palapa d dan telkom 4 atau lebih rincinya adalah cara mencari siaran trans tv, trans7 dan antv.

Kita harus merubah pengaturan pada receiver/digital


Sebelum itu pastikan dulu seperti apa jenis penerapan LNB pada tiang fokus di parabola anda, bisa lihat foto di bawah ini. Jika parabola kamu menggunakan lnb seperti gambar di bawah ini (tiang cangkul mengarah ke timur) silahkan gunakan cara 1. Namun jika ( tiang cangkul mengarah ke barat) maka ikuti cara 2.


Cara Tracking Telkom 4 Menggunakan Cara 1


Masuk ke Menu > kemudian masuk ke Pengaturan Antena > kemudian pilih satelit Palapa D dan ubah 22khz / 22k menjadi Off/Mati
Kemudian simpan pengaturan agar tersimpan

Catatan: dengan menukar 22k maka siaran yang ada di Palapa D seperti sctv,rcti dll akan hilang, namun jangan panik. Karena ini adalah tahapannya untuk menukar posisi satelit.

Masuk ke Menu > kemudian masuk ke Daftar Satellit > kemudian tambah satelit Baru, atau bisa ubah satelit Telkom 3s menjadi Telkom 4.
Kemudian masuk ke pengaruran Antena > Pilih Telkom 4 lalu ubah 22khz / 22k menjadi On/Hidup
Kemudian simpan pengaturan agar tersimpan

Silahkan buka di siaran TVOne (untuk melihat pergerakan sinyal) dan lihat info sinyal saat tracking.

Kemudian kamu naikan parabola kurang lebih sekitar 2 CM (tergantung berapa feet parabola kamu) untuk mendapatkan siaran di Palapa D. Jika TVOne sudah dapat maksimalkan sekitar 60% agar semua chanel di Palapa D dapat semua.

Jika TVOne sudah dapat, maka secara otomatis Telkom 4 (Trans TV, Trans7 dan ANTV) juga akan dapat

Silahkan masukan frekuensi Trans 7 di Telkom 4 (108.0°) 3875 H 6000 pasti akan dapat, jika belum kuat silahkan di maksimalkamn sinyalnya agar tidak mudah hilang.


Cara pertama sudah selesai

Cara Tracking Telkom 4 Menggunakan Cara 2


Tidak jauh berbeda dengan cara pertama, cara kedua juga sama, namun yang membedakan adalah pengaturan 22k pada receiver.

Masuk ke Menu > kemudian masuk ke Pengaturan Antena > kemudian pilih satelit Palapa D dan ubah 22khz / 22k menjadi On/Hidup
Kemudian simpan pengaturan agar tersimpan

Masuk ke Menu > kemudian masuk ke Pebgaturan Antena >  Pilih Telkom 3s lalu ubah 22khz / 22k menjadi Off/Mati
Kemudian simpan pengaturan agar tersimpan

Kemudian masukan frekuensi Trans 7 (3875 H 6000) untuk melihat pergerak sinyal saat proses tracking parabolanya.

Silahkan naikan parabola kamu sekitar 2cm sampai mendapatkan sinyal dari Trans 7, jika sudah dapat bisa lihat sinyal untuk siaran yang ada di palapa d seperti mnc media dan lain lain.


Catatan: jika kamu menggunakan cara ini dengan sabar pasti bakalan dapat dengan mudah. Karena untuk mendapatkan siarannya kita hanya perlu mengubah 22khz terus naikan parabola sekitar 2cm ke posisi Palapa d dan Telkom 4

Jika belum paham bisa hubungi kami melalui formulir kontak di blog ini. Untuk tutorial lebih jelas anda bisa tonton video di bawah ini agar kamu bisa lebih mudah dan lebih faham. Dan jangan lupa juga untuk Subscribe channel kami.



Reaksi:
Disclaimer: Postingan-postingan blog ini tentang Android, berita menarik, musik, bola, dan lainnya, saya publikasikan berdasarkan pengalaman pribadi dan berbagai sumber di internet.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar