Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Naga Kuning Bagi Kesehatan Tubuh


Buah Naga Kuning atau yang memiliki nama latin Selenicereus Megalanthus adalah buah yang berasal dari Meksiko, tetapi pembudidayaan buah naga sekarang ini sudah banyak dilakukan diberbagai negara di Asia diantaranya Vietnam, Malaysia dan juga di Indonesia. Selain di Asia, buah naga juga bisa kita jumpai di Australia dan Tiongkok selatan.

Buah Naga Kuning memiliki daging buah berwarna putih dengan biji hitam sama dengan buah naga putih.

Kulitnya memiliki warna kuning terang bersisik besar dan memiliki gradasi warna hijau pada ujung sisiknya.

Selain memiliki kulit bersisik, Buah Naga Kuning juga memiliki varian kulit dengan permukaan berduri.

Ukuran pohon buah naga kuning relatif lebih kecil dibanding pohon buah naga jenis lainnya. Dan juga ukuran buah yang lebih kecil dibanding jenis lainnya.

Memiliki rasa lebih manis dan tekstur buah yang lebih berair.

Buah naga kuning memiliki syarat tumbuh pada daerah dataran tinggi dengan suhu dingin. Berbanding terbalik dengan buah naga putih atau merah yang tumbuh pada daratan rendah dan bersuhu panas.

Khasiat Buah Naga Kuning Bagi Kesehatan



1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah Naga Kuning memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, Buah Naga sangat baik dikonsumsi oleh Anak yang sedang dalam proses masa pertumbuhan. Buah Naga juga membantu meningkatkan daya tubuh, hal ini dikarenakan Buah Naga Kuning memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas, sehingga membuat anda terhindar dari berbagai penyakit.

2. Menjaga fungsi penglihatan pada mata

Buah Naga Kuning juga kaya akan Beta-Karoten seperti halnya yang terkandung dalam wortel, oleh karena itu Buah Naga juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu rasa dari Buah Naga relatif lebih nikmat dari pada wortel. Hal ini bisa menjadi alternatif pengganti jus wortel untuk anak-anak dan tentu saja orang dewasa untuk terus menjaga penglihatan mata agar tetap jernih.

3. Menjaga dan mempertahankan kesehatan jantung

Buah Naga banyak mengandung Vitamin C, B1, serat, asam folat dan karoten. Buah Naga Kuning dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Serta kemungkinan terjadi penumpukan plak di arteri dan vena sangat rendah atau bahkan tidak mungkin terjadi. Kandungan pada Buah Naga mampu mengeruk sel kanker serta memberikan nutrisi pada jantung sehingga jantung akan mendapat nutrisi yang banyak sehingga terhindar dari serangan jantung yang mematikan.

4. Membantu mencegah dan penyembuhan Kanker

Kanker termasuk salah satu penyakit yang banyak membunuh manusia. Buah Naga Kuning memiliki kandungan antioksida phytoalbumin, inilah yang dapat menbantu melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu kandungan vitamin kompleksnya, sudah banyak direkomendasikan oleh para dokter sebagai buah untuk terapi penyembuhan kanker.

5. Membantu menjaga kelembaban kulit

Kadar air yang tinggi membantu menjaga kelembaban kulit dari dalam. Hal ini bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi Buah Naga secara langsung. Sementara untuk kulit bagian terluar Anda bisa memanfaatkan daging buah naga untuk dijadikan sebagai masker. Caranya cukup dengan memblender daging Buah Naga kemudian saring airnya, ampas yang tersisa dari daging buah naga itulah yang akan digunakan sebagai masker pada kulit Anda.

6. Mencegah osteoporoais

Mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang, hal ini sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Buah Naga Kuning memiliki kandungan Kalsium yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui, kalsium merupakan nutrisi alami untuk kepadatan tulang. Dengan mengkonsumsi Buah Naga berarti akan banyak kandungan kalsium yang masuk menutrisi tulang. Sehingga tulang menjadi lebih padat dan kuat, terhindar dari pengeroposan dan penkapuran tulang atau osteoporosis.

7. Menunda proses penuaan dini

Penuaan dini menjadi salah satu momok yang cuku menakutkan terutama pada wanita. Namun proses penuaan dini tersebut bisa ditunda dengan mengkonsumsi Buah Naga Kuning. Buah ini kaya akan kandungan vitamin E yang sangat dibutuhkan dalam merawat dan menjaga keremajaan kulit Anda. Vitamin E dapat membatu mencegah timbulnya flek pada wajah juga mencegah kerutan, serta warna kulit yang tidak merata yang membuat penampilan Anda menjadi tidak menarik.

8. Mengatasi masalah jerawat pada wajah

Caranya adalah dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari Daging Buah Naga Kuning. Masker Buah Naga ini menggunakan ampas daging buah yang telah ditiriskan airnya. Penggunaannya pun sama seperti masker buah pada umumnya. Hanya saja, untuk mengatasi masalah jerawat ini Anda perlu menggunakanya secara teratur setiap dua hari sekali sampai jerawat pada wajah benar-benar hilang dan sembuh.

9. Baik Untuk Tulang Dan Darah

Manfaat buah naga berikutnya adalah untuk nutrisi tulang dan darah. Buah Naga Kuning memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang cukup tinggi. Kandungan zat besi dan kalsium tersebut sangat baik untuk nutrisi tulang dan darah. Hal ini dikarenakan zat besi dapat memenuhi 8% dari kebutuhan yang di butuhkan tubuh. Jadi, kombinasi kalsium dan zat besi pada buah ini sangat baik bila dikonsumsi secara teratur.

10. Mengatasi Diabetes

Diabetes sering diidentikan dengan kebiasan mengkonsumsi gulu berlebih. Sehingga bagi penderita diabetes harus lebih cermat dalam memilih dan mengkosumsi makanan manis. Akan tetapi, Buah Naga Kuning justru baik buat para penderita diabetes. Karena rasa manis Buah Naga Kuning bukan berasal dari glukosa tapi Sakrosa juga Fruktosa, maka Buah Naga Kuning juga bisa untuk membantu dalam penyembuhan penyakit diabetes.

11. Mengandung sumber energi alami

Kandungan Sukrosa dan fruktosa alami merupakan sumber pembentuk gula, dan gula adalah sumber energi utama untuk tubuh manusia. Selain itu Buah Naga Kuning ini memiliki kandungan air yang lebih banyak. Oleh karena itu ketika Anda mengkonsumsi Buah Naga Kuning juga dapat memberikan kesegaran pada tubuh dan menghindari dehidrasi akibat kurangnya cairan pada tubuh.

Semoga Bermanfaat!

Post a Comment for "Manfaat Buah Naga Kuning Bagi Kesehatan Tubuh"