Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Menjaga Gigi Anda Supaya Kuat Dan Sehat

Cara Menjaga Gigi Anda Supaya Kuat Dan Sehat

1. Lakukan Pencegahan Gigi Sedini Mungkin

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk menjaga kesehatan gigi anak anda adalah:

  • Jangan biarkan anak anda tidur sambil meminum sebotol susu atau cairan manis lainnya. Hal ini membuat mulut anda penuh dengan gula
  • Bersihkanlah gigi anak anda dengan kasa steril sesekali, yaitu tepat sebelum atau saat gigi mulai tumbuh
  • Pastikan anak anda menggunakan pasta gigi berfluoride dan pastikan juga bahwa anak anda tidak menelan pasta gigi tersebut
  • Gunakanlah pelindung mulut pada anak anda saat ia bermain atau berolahraga yang memerlukan banyak kontak fisik jarak dekat

2. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gigi Secara Teratur

Lakukanlah pemeriksaan kesehatan gigi anda secara teratur. Seberapa sering anda harus melakukan pemeriksaan tergantung pada bagaimana keadaan kesehatan gigi dan gusi anda. Pada umumnya, anda membutuhkan pemeriksaan gigi 1-2 kali setahun. Akan tetapi, bila anda mengalami gangguan gusi atau gigi, maka anda mungkin harus melakukan pemeriksaan lebih sering.

Cara Menjaga Gigi Anda Supaya Kuat Dan Sehat



3. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Gigi Anda

Sebenarnya anda tidak memerlukan diet khusus untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi anda. Cukupilah kebutuhan kalsium dan vitamin C harian anda serta konsumsilah banyak air putih. Hindari atau kurangilah konsumsi makanan manis.

4. Berhenti Merokok

Rokok dapat mengganggu aliran darah yang menuju pada gusi anda yang dapat meningkatkan insiden dan keparahan gangguan gusi yang anda alami.

5. Sikatlah Gigi Anda Secara Teratur

Cucilah tangan anda sebelum menyikat gigi. Sikatlah gigi anda setidaknya 2 kali sehari, menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan bersihkanlah sela-sela gigi anda dengan benang (floss) setidaknya 1 kali sehari.
Berbagai hal lain yang dapat anda lakukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada gigi anda adalah:

  • Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride
  • Cucilah sikat gigi anda sesekali atau tempatkanlah sikat gigi anda di dalam gelas yang berisi obat kumur
  • Keringkanlah sikat gigi anda setiap kali anda selesai menggunakannya
  • Jangan membiarkan orang lain menggunakan sikat gigi anda

6. Kendalikan Bruxism

Kebiasaan menggeretakkan gigi anda saat tidur (bruxism) dapat menghancurkan gigi anda. Karena bruxism dipengaruhi oleh stress, maka mengatasi rasa stress dapat membantu mengurangi bruxism.

Anda dapat meminta dokter gigi anda untuk membuatkan pelindung gigi bagi anda untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi lebih lanjut.

7. Kendalikan Penyakit Kronik Anda

Jika anda memiliki penyakit kronik seperti diabetes atau hipertensi (tekanan darah tinggi), maka anda perlu memberikan perhatian lebih pada kesehatan gigi anda.

Penderita diabetes yang tidak terkontrol lebih mudah mengalami infeksi dan luka lebih sulit sembuh yang membuat gangguan gusi atau gigi yang anda alami sulit sembuh.

Post a Comment for "7 Cara Menjaga Gigi Anda Supaya Kuat Dan Sehat"