Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat Dahsyat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh


CzRandy - Aroma daunnya sangat khas, kuat namun lembut. Daun Kemangi juga biasa dipakai sebagai lalapan.

Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan mentimun dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng.

Selain sebagai lalapan, ternyata daun kemangi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat kemangi untuk kesehatan :

Manfat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh



1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang banyak dimiliki daun kemangi membantu menjaga kesehatan mata. Betakaroten sangat baik untuk kesehatan mata dan mencegah mata dari penyakit – penyakit yang tidak diinginkan seperti rabun, katarak dan lainnya.

2. Mengobati demam

Daun kemangi kaya akan fitonutrien dan minyak penyembuhan, yang membuat daun kemangi sangat efektif dalam menyembuhkan demam malaria dan demam berdarah. Rebus Daun kemangi yang sudah dihaluskan dan ditambah dengan teh. Untuk demam yang tinggi bisa juga dengan menggunakan rebusan daun kemangi, gula, dan susu yang dicampur dengan bubuk kapulaga dan ditambahkan dengan sekitar ½ liter air kemudian ramuan tersebut diminum untuk menurunkan demam.

3. Melancarkan aliran darah

Manfaat daun kemangi untuk membantu pembuluh darah dan jantung agar rileks, serta aliran darah di dalam tubuh akan tetap lancar. Hal ini karena di dalam daun kemangi memiliki kandungan magnesium.

4. Membantu mengobati batuk

Daun kemangi sudah sejak lama digunakan untuk membantu mengobati batuk. Hasiat yang dimiliki daun kemangi dipercaya mampu mengencerkan dahak dan menghilangkan gatal di tenggorokan saat batuk. Anda bisa memakannya secara langsung dibuat sebagai lalapan, dibuat teh atau rebusan daun kemangi yang diminum saat hangat.

baca juga :

  • Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan



  • Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan


  • 5. Meredakan demam dan masuk angin

    Daun kemangi mampu meredakan demam dan masuk angin yang diderita oleh balita. Caranya Ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita.

    6. Membantu perkembangan tulang

    Daun kemangi ternyata juga membantu perkembangan tulang, karena kandungan fosfor dan kalium didalamnya yang bermanfaat dalam pembentukan dan perkembangan organ tulang, sehingga juga mencegah masalah tulang keropos.

    Post a Comment for "6 Manfaat Dahsyat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh"