Skip to main content

follow us

21 Penyebab Umum Pemicu Munculnya Jerawat


CzRandy Blog - Penyebab Umum Pemicu Tumbuhnya Jerawat

1. Infeksi Bakteri Pada wajah

Disebabkan oleh kurang memperhatikannya kebersihan sehingga bakteri yang menempel pada wajah lebih mudah berkembang serta memicu adanya ruam atau pembengkakan. Pori yang tersumbat oleh kotoran yang penuh bakteri pada akhirnya akan membengkak atau bahkan terparah sampai bisa mengeluarkan nanah.

2. Perubahan Hormon Testosteron

Hal ini sering terjadi pada kalangan pria. Ketika sedang mencintai seseorang atau karena produksi yang testosteron yang berlebihan, maka jerawat bisa saja muncul. Sudah sangat lazim dan bisa terjadi pada semua kalangan pria.

3. Memegang Dan Memencet Jerawat

Mungkin sebagian orang tidak sadar bahwa tindakan memencet jerawat ini hanya akan memperparah keadaan. Hal ini akan memicu penyebaran bakteri serta membuat radang semakin besar. Apalagi benda atau tangan yang digunakan sedang dalam keadaan tidak steril.

4. Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Air putih kaya akan mineral yang bisa menjaga proses metabolisme tubuh.
Asupan air yang cukup pada tubuh akan membuat kulit tetap lembab dan mencegah pori-pori tersumbat dikarenakan tubuh lebih mudah berkeringat.

5. Dampak Mengkonsumsi Pil KB

Bagi kalangan wanita yang sudah berumah tangga, mengkonsumsi Pil KB merupakan salah satu langkah untuk mengontrol proses kehamilan. Namun apakah anda sadar bahwa pil ini bisa memicu perubahan hormon pada tubuh yang pada akhirnya produksi minyak pada wajah menjadi abnormal. Tapi dampak ini tidak berlaku untuk semua orang.

6. Darah Kotor

Istilah ini sering kita baca atau lihat pada bungkus-bungkus jamu tradisional. Jika darah dalam keadaan kotor, hal ini akan lebih mudah untuk menimbulkan berbagai macam jenis penyakit kulit. Tidak hanya jerawat saja, namun bisa jadi korengan, panu, kadas, bisul, dan lain sebagainya.

7. Faktor Usia

Perubahan umur merupakan salah satu faktor penyebab dari timbulnya jerawat. Dengan bertambahnya usia, maka produksi minyak pada wajah semakin tinggi guna mempertahankan elastisitas dan juga membuat wajah lebih kencang. Hal ini sebenarnya suatu bentuk pertahanan kulit agar lebih awet muda. Proses lain sering terjadi pada usia yang masih muda, salah satu contoh ialah kalangan remaja yang memasuki masa pubertas serta kalangan pria yang sudah mulai mengenal cinta.

8. Penyumbatan Pori Oleh Sel Kulit Mati

Sel kulit mati bisa terjadi karena penggunaan sabun yang kasar, paparan sinar matahari langsung, dan juga hal-hal lainnya. Pada umumnya terjadi penyumbatan pori dikarenakan sel kulit mati yang bercampur minyak. Pada akhirnya akan membuat pori tertutup dan mencegah keluarnya keringat pada wajah.

9. Rambut Yang Menempel Pada Wajah

Rambut yang berminyak mengandung kotoran dan juga kuman yang tidak baik bagi wajah. Dampak ini akan berujung pada perkembangan bakteri dan menjadi ruam pembentuk jerawat.

10. Mengkonsumsi Alk0hol dan Merokok

Kedua jenis bahan ini berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Keduanya bisa mengganggu metabolisme tubuh dan membuat darah anda menjadi kotor. Pada akhirnya akan memicu muncul berbagai jenis penyakit kulit yang salah satunya jerawat.

21 Penyebab Umum Munculnya Jerawat


11. Terlalu Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Untuk sekarang ini sudah banyak sekali jenis produk kecantikan sunblock yang bisa mencegah kerusakan pada kulit. Sebab kandungan UVA dan UVB pada matahari akan membuat kulit terbakar. Tidak hanya menjadi gelap, namun kulit akan kering yang pada akhirnya akan terjadi penumpukan sel kulit mati pada wajah.

12. Mengkonsumsi Cokelat Berlebihan

Cokelat mempunyai kandungan yang bisa memicu hormon tertentu. Jika dikonsumsi berlebih, maka tidak menutup kemungkinan bahwa akan muncul jerawat pada wajah. Meski dibilang bisa menenangkan, namun ada baiknya jika anda mengkonsumsi cokelat sewajarnya saja.

13. Kurangnya Asupan Vitamin A dan B

Vitamin A mempunyai kemampuan untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada tubuh. Secara tidak langsung terkait juga dengan jerawat yang salah satu pemicunya adalah bakteri.

14. Kurang Asupan Vitamin C

Nutrisi ini mempunyai peran penting bagi tubuh. Vitamin C selaku antioksidan alami menjadi tubuh lebih kuat dan sistem imun lebih terjaga. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan juga mencegah perumbuhan bakteri pada tubuh.

15. Kurang Menjaga Kebersihan Wajah

Wajah yang bersih tentunya akan lebih baik dibanding dengan wajah berminyak dan kotor. Jika pada wajah anda tidak terdapat minyak dan
debu, maka tidak mustahil bahwa wajah anda akan terhindar dari jerawat.
Tipsnya ialah mencuci wajah secara rutin namun jangan berlebihan.

16. Polusi Udara Yang Kotor

Udara kotor mengandung banyak asap dan debu akan mempercepat produksi minyak apda kulit khususnya wajah. Jika minyak bercampur dengan polusi (radikal bebas), maka tidak heran jika mulai muncul ruam, bintik merah dan pada akhirnya berubah menjadi jerawat.

17. Penurunan Hormon Pada Wanita

Seiring ketidakstabilan emosi, terkadang kaum hawa lebih mudah terserang jerawat. Penuruna hormon wanita bisa terjadi karena bertambahnya usia, atau bisa juga dikarenakan oleh penyebab lain.

18. Stres Atau Terlalu Banyak Pikiran

Beban pikiran yang terlalu berat akan mengakibatkan stres. Karena hal ini akan menimbulkan masalah baru seperti perubahan hormon tubuh, dll. Hindari stress maka kemungkinan wajah anda akan terhindar dari jerawat.

19. Alergi Kimia Pada Kosmetik

Tidak semua jenis kosmetik cocok atau sesuai dengan kulit anda. Sebab kandungan kimia yang terdapat pada setiap kosmetik mempunyai kandungan berbeda. Bisa saja salah satu kandungan tersebut menyebabkan alergi pada kulit.

20. Sering Menggaruk Wajah

Pada kondisi tertentu, kemungkinan saja wajah akan terasa gatal. Dan secara tidak sengaja anda menggaruk sehingga menjadi pemicu dari timbulnya iritasi pada kulit.

21. Akibat Kelenjar Terlalu Aktif

Produksi minyak pada tubuh terkadang bisa terjadi secara berlebihan. Jika terlalu aktif, bisa jadi karena tuntutan perubahan kulit serta hal lain yang salah satunya perubahan hormon dan akibat mengkonsumsi obat atau pil KB.

Semoga Bermanfaat!

Reaksi:
Disclaimer: Postingan-postingan blog ini tentang Android, berita menarik, musik, bola, dan lainnya, saya publikasikan berdasarkan pengalaman pribadi dan berbagai sumber di internet.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar