Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Manfaat dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan


CzRandy Blog - Siapa sih, yang gak tahu madu? semua orang, baik anak-anak, remaja, dewasa, hingga kakek nenek juga pada tahu yang namanya madu.

Yap, Sejak berabad-abad, Madu telah digunakan, baik sebagai obat maupun sebagai makanan. Madu adalah salah satu pemanis tertua dan alami, jauh sebelum gula menjadi sangat populer seperti sekarang.

Madu mengandung mineral, vitamin, antioksidan, dan enzim, yang sangat baik untuk tubuh kita.

Dilansir dari laman Boldsky.com Senin (15/1/2018), Berikut 12 manfaat kesehatan mengonsumsi madu

1. Mengobati Batuk

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), madu dianggap sebagai obat tetesan, yang merupakan zat yang mengurangi iritasi di mulut atau tenggorokan. Madu mentah bekerja sebagai obat batuk yang sangat baik yang membantu meredakan tenggorokan dan mencegah batuk.

2. Mengandung Nutrisi

Madu merupakan cairan manis dan tebal yang dibuat oleh lebah madu. Madu mengandung zat besi dan senyawa tanaman lainnya yang efektif untuk kesehatan.

3. Meningkatkan Energi

Jika Anda merasa rendah energi, konsumsi satu sendok makan madu untuk mengisi daya seketika. Madu merupakan makanan penguat energi yang cepat yang akan memberi energi tak terbatas. Ini akan memberi bahan bakar pada tubuh jika mengonsumsi madu setelah berolahraga.

4. Dapat Mengobati Luka

Madu mentah bisa melawan infeksi kulit tertentu yang disebabkan oleh bakteri. Ini mengandung sifat antibakteri, anti jamur, dan penuh dengan antioksidan yang membuat madu ideal untuk mengobati luka. Madu melepaskan hidrogen peroksida, yang menjelaskan sifat antiseptiknya secara umum.

12 Manfaat dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan Tubuh



5. Kaya akan Antioksidan

Madu mengandung antioksidan penting, yang meliputi fenol, enzim, senyawa seperti flavonoid, dan asam organik. Antioksidan dalam madu telah dikaitkan untuk mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

6. Meningkatkan Memori

Madu memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya, salah satunya termasuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

7. Mengatur Gula Darah

Madu mengandung gula alami sederhana, yang lebih baik untuk kesehatan daripada gula halus lainnya. Kombinasi fruktosa dan glukosa dalam madu membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Madu akan menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

8. Mengandung Beberapa Unsur

Madu dianggap mempengaruhi ketiga ketidak seimbangan materi primitif tubuh secara positif. Madu mentah meningkatkan penglihatan, penurunan berat badan, penyembuhan rasa sakit, mengobati gangguan saluran kemih, asma bronkial, diare, dan mual. Madu memiliki kualitas penetrasi ke dalam jaringan tubuh yang lebih dalam.

9. Berguna dalam Manajemen Berat Badan

Madu membakar lemak tubuh saat Anda sedang tidur. Ini dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Anda bisa mengonsumsi sedikit madu dengan air hangat saat perut kosong atau sesendok madu sebelum tidur.

10. Bertindak Sebagai Alat Bantu Tidur

Jika Anda mengalami masalah dalam tidur, minum susu hangat yang dicampur dengan madu sebelum tidur. Selama berabad-abad, orang-orang minum ramuan ini yang akan membantu mereka tidur nyenyak. Anda juga bisa mengonsumsi madu mentah dalam jumlah terbatas sebelum tidur.

11. Mengontrol Eksim

Eksim merupakan kondisi kulit yang menyebabkan kulit gatal merah dan tidak nyaman. Mereka yang menderita eksim bisa membuat campuran madu dan minyak zaitun dan mengoleskannya pada kulit untuk menyingkirkan masalah kulit. Madu bertindak sebagai pembersih alami dan penggunaan teratur akan mencegah eksim terjadi lagi.

12.Mencegah Penyakit Gum

Sifat antiseptik dan antibakteri madu membantu dalam mengobati dan menyembuhkan luka. Penyakit gigi dan gusi seperti perdarahan dan plak dapat diobati dengan konsumsi madu secara teratur. Madu mentah yang dicampur dengan air juga bisa digunakan sebagai obat kumur setelah makan.

Itulah 12 Manfaat dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan Tubuh, Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "12 Manfaat dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan"