Skip to main content

follow us

10 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah


1. Produksi Minyak Yang Berlebih

Wajah bersih dan selalu dijaga mungkin akan lebih meminimalisir timbulnya jerawat. Jika wajah tidak terawat, kemungkinan produksi minyak pada wajah akan bertambah. Meski tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh faktor kebersihan, namun minyak pada wajah akan mempercepat penumpukan kotoran yang pada akhirnya akan memicu timbulnya penyumbatan pori selaku penyebab munculnya jerawat. Faktor internal juga sangat berpengaruh, seperti pola hidup yang kurang sehat serta asupan makanan dan perubahan hormon. Jerawat muncul dikarenakan kondisi kulit abnormal dan disebabkan
oleh terjadinya gangguan dari kelebihan produksi kelenjar minyak. Jika masalah ini berlanjut, maka penyumbatan pada saluran folikel pori tidak bisa dihindarkan.

2. Kuman Dan Bakteri

Bakteri dan kuman merupakan faktor utama penyebab dari munculnya jerawat. Bisa dibilang bakteri ini merupakan pemicu paling serius karena terus berkembang dan membuat wajah mengalami peradangan. Disebut dengan p. acne yang tedapat pada kulit dan beranak biak dalam kelenjar sebaceos sehingga menyebabkan penyumbatan dan menimbulkan iritasi pada daerah kulit disekitarnya. Jika kelenjar tersebut mulai pecah, maka akan terjadi proses pembengkakan dan menimbulkan rasa sakit yang mungkin akan sangat terasa pada bagian wajah. Bekas luka jerawat akan meninggalkan lubang selayaknya penyakit kulit seperti bisul dan cacar air.

3. Penumpukan Sel-sel Kulit Mati

Sel kulit mati sering menjadi masalah wajah yang seharusnya tidak anda alami. Kulit mati ini bisa saja disebabkan oleh penggunaan sabun yang salah, terlalu sering terkena paparan sinar matahari, dan juga hal-hal lain seperti penggunaan obat-obatan ataupun kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit anda. Minyak yang bercampur dengan sel kulit mati akan menjadi sarang yang baik untuk pertumbuhan bakteri pada wajah yang pada akhirnya menjadi pemicu timbulnya ruam selalu bentuk awal dari jerawat. Sel kulit mati akan menyumbat pori, semakin tebal dan terasa sangat kasar atau wajah terlihat seperti mengelupas.

4. Alergi Terhadap Makanan Dan Minuman

Seperti yang pernah kami sebutkan diatas, asupan makanan juga bisa menjadi salah satu pemicu dari timbulnya jerawat. Hal ini bisa juga dikarenakan alergi terhadap makanan atau jenis minuman tertentu yang pada akhirnya menimbulkan jerawat pada wajah. Terkait dengan ini biasanya jenis makanan tersebut berupa seafood, susu, dan lain sebagainya. Namun tidak hanya itu saja, terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, makanan rendah vitamin E dan terlalu banyak Vitamin A akan membuat jumlah produksi minyak pada wajah semakin bertambah.

5. Faktor Genetik

Banyak yang merasakan adanya jerawat pada wajah dikarenakan faktor genetik atau memang sudah dibawa sejak lahir. Biasanya dibarengi dengan riwayat hidup orang tua yang mempunyai masalah dengan wajah khususnya jerawat. Penyebab ini yang biasanya sulit disembuhkan, namun dengan berbagai perawatan tentunya bisa juga diatasi secara bertahap.

10 Penyebab Munculnya Jerawat


6. Perubahan Hormon

Wanita mempunyai resiko paling tinggi dibanding dengan kalangan pria. Sebab ada kemungkinan 7 hari sebelum menstruasi akan muncul ruam-ruam kecil pada wajah dan berahir pada jerawat. Perubahan hormon juga terjadi pada usia-usia tertentu dan yang paling rentan ialah kalangan remaja khususnya bagi remaja yang memasuki masa pubertas. Berubahnya hormon bisa dipicu oleh penggunaan obat kimia, sedang mengalami proses kehamilan, dan mungkin masih banyak faktor lain yang tidak terduga oleh anda.

7. Terlalu Sering Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Soda mempunyai kandungan aspartame yang merupakan suatu zat yang dalam menimbulkan jerawat pada wajah. Minuman soda juga bisa menciptakan radang (inflamasi) pada tubuh manusia karena kandungannya. Minuman jenis ini menyebabkan efek buruk bagi tubuh dan dapat menurunkan PH kulit.
Dengan keadaan kulit yang tidak normal, maka jerawat pada wajah akan lebih mudah muncul.

8. Ada Tekanan Pada Wajah (friksi)

Hal ini secara tidak sadar selalu anda lakukan setiap hari. Seperti menempelkan wajah pada bantal ketika tidur, menggunakan ponsel untuk menelpon, dan hal lain yang tidak anda sadari. Dalam hal ini perlu sekali anda menjaga kebersihan tempat tidur khususnya sarung bantal.
Sebab menempelknya wajah pada benda kotor akan memicu perkembangan bakteri lebih cepat.

8. Kurang Menjaga Kebersihan Rambut

Mungkin anda akan bertanya kenapa harus rambut yang dibersihkan? Hal ini sebenarnya terhubung karena rambut yang kotor akan lebih mudah berminyak. Secara tidak sengaja anda akan menggaruk kepala dan menyentuh wajah secara bersamaan. Minyak yang terdapat pada rambut lebih mudah tercampur bakteri pada kuku yang pada akhirnya menempel pada wajah. Jika tidak segera dibersihkan, maka kuman atau bakteri akan berkembang sehingga menimbulkan ruam sebagai bentuk awal dari jerawat.

10. Terjadinya Penyumbatan Pada Pori Wajah

Pori yang tersumbat akan menghambat sirkulasi udara dan juga keluarnya keringat pada wajah. Hal ini bisa saja disebabkan oleh penggunaan make up yang terlalu tebal, terlalu banyak sel kulit mati, produksi minyak berlebih yang memicu menempelnya kotoran atau debu serta masih banyak lagi yang lainnya. Penyumbatan ini pada akhirnya akan menyebabkan benjolan kecil berupa ruam dan terbentuklah jerawat yang sangat mengganggu penampilan.

Reaksi:
Disclaimer: Postingan-postingan blog ini tentang Android, berita menarik, musik, bola, dan lainnya, saya publikasikan berdasarkan pengalaman pribadi dan berbagai sumber di internet.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar